Jenis – jenis Kayu untuk Bangunan

Kali ini, CiptaInfo akan berbagi info mengenai kayu yang biasanya di buat untuk bangunan-bangunan. Untuk memilih bahan material (kayu) yang baik untuk Rumah Kayu kamu, berikut macam-macamnya :

 

1. Kayu Jati

Kayu ini sering dia anggap sebagai kayu yang paling kuat dengan tekstur yang indah dan keras. Kayu ini tahan lama sehingga selalu menjadi pilihan utama untuk bahan bangunan. Kelebihan kayu ini tahan terhadap jamur, rayap serta serangga lainnya. Tidak ada kelemahan bila dipakai selama jangka panjang.

jenis-jenis-kayu-handmade-header-teak
jenis kayu jati

 

2. Kayu Mahoni

Kayu ini adalah kayu yang termasuk nilai ekonomis tinggi. Kualitas kayunya juga bagus untuk perlengkapan-perlengkapan di rumah. Kayu ini cenderung awet dan tidak mudah berubah bentuk. Kokoh dan tidak mudah bengkok.

wood-364694_960_720

jenis kayu mahoni

 

3. Kayu Kamper

Kayu ini memiliki aroma khas seperti aroma kamper. Kuat dari serangan rayap dan lebih ringan dari kayu jati. Dengan hara yang relatif terjangkau, kayu ini menjadi alternatif pembuatan bangunan. Kayu kamper juga memiliki serat yang indah dan halus. Jenis kayu ini cenderung berubah bentuk ataupun mengembang bila digunakan dalam jangka waktu panjang.

KAMPER2

jenis kayu kamper

 

4. Kayu Kelapa

Kayu ini memiliki tekstur yang keras karena memiliki serat yang lurus, tidak bercabang, dan mudah dijadikan balok. Gunakan kayu ini untuk penyanggah atap rumah. Kualitasnya sangat bagus apabila kayu yang dipakai sudah melebihi umur 60th. Jangan menggunakan kayu kelapa yang masih muda karena cepat rapuh dan mudah di makan rayap atau serangga lainnya.

kayu

jenis kayu kelapa

 

5. Kayu Meranti Merah

Kayu ini tergolong kayu yang keras berbobot ringan. Cukup bagus untuk menjadi bahan bangunan rumah kayu. Lumayan awet dan tahan lama asal tidak bersentuhan dengan tanah karena sangat sensitif dengan cuaca dan tidak di anjurkan memakai kayu ini di luar ruangan.

meranti

jenis kayu meranti

 

6. Kayu Merbau

Kayu ini memiliki tekstur yang cukup keras, memiliki serat putus-putus dan stabil. Cocok digunakan untuk penyanggah atap rumah ataupun tiang. Banyak kelebihan di kayu ini dan harganya juga cukup mahal. Kelemahannya pun hampir tidak ada, hanya sebagian kecil pembusukan pada kulit luar.

938cb-222359_209353122430792_3121112_n

jenis kayu merbau

 

Material kayu juga  sangat berperan penting dalam pembangunan rumah selain semen, batu, pasir, dll. Semoga dengan info yang sudah kami berikan dapat menjadi referensi untuk pembangunan rumah kayu anda.

Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *